Wednesday, February 28, 2007

Gadung

Cerpen: 03

Pulau Gadung...

Oleh Ari Suciyanto


Seluruh badanku benar-benar lemas... Dan aku ga tau, apa yang mesti aku perbuat saat itu?! Jiwa, hati dan pikiranku mati...
Yang tersisa hanya sebuah rasa bersalah... Pada sebuah penyesalan...
...........................................................................
Mataku tertunduk layu dan malu...
Menatap wajah yang penuh luka...

***

Tidak jauh dari tempatku, turun dari angkot... Aku mendengar suara wanita berteriak!
"Jambret!!! Jambret!!! Jambret!!!"

Dan kebetulan dari arah depan mataku! Aku melihat seorang laki-laki berbadan kurus lari menuju kearahku, menghindari kejaran masa.
"Waaa ini dia Jambretnya..."Kataku dalam hati...
Tanpa pikir panjang lagi! Aku lansung menghantapkan pukulan kearah wajah laki-laki itu! Dan dia-pun terjatuh, disambut amuk masa yang terlihat beringas!!!

"Bakar!!! Bakar!!! Bakar!!!"Suara masa mulai memanas!!!

Untung saja ada seorang anggota ABRI berpangkat SERKA (Sersan Kepala) mencoba mengamankan amuk masa yang sudah tak terkendali lagi...

Laki-laki itupun terselamatkan Jiwanya...

***

Aku ga tau kenapa? Beberapa menit kemudian... Laki-laki itu berhasil kabur, dari kerumunan masa yang mulai redah...

Masa yang melihat laki-laki itu! lansung berteriak!
"Jambretnya kabur!!! Jambretnya kabur!!! Jambret!!! Jambret!!! Jambret!!!"

Sebagian masa panik... Dan langsung mengejar...
Tapi sayang Jambret itu berhasil melarikan diri... dari kerjaran masa...

Anjing!!! kabur lagi dia!!!
Coba tadi langsung dibakar!!! Kan ga kecolongan kaya gini!!!
Pake diamanin segala lagi!!! kalo kaya ginikan kebiasaan dia, tar ngulangin lagi, ngejambret lagi!!! Sial!!!
(Kata beberapa orang yang kesal dan kecewa)

***

"Makasih Mas... Emang tuh dasar jambret setan! Baru saja saya dan suami saya turun dari mobil... eh langsung dijambret tas saya... untung saja ada mas, kalo ga?! Bisa repot saya, soalnya dalam tas saya banyak surat-surat berharga... Oh ya nih buat Mas..." Kata wanita kaya berbadan gendut dengan perhiasan mahal ditangan dan lehernya, yang mencoba menyodorkan uang pecahan Rp 100.000,-
Sebenarnya aku dah nolak, tapi gimana lagi? Wanita itu terus saja menyodorkan uang itu kearahku...

***

2 jam kemudian...
Aku berada dirumah kontrakan kakaku didaerah Bekasi...
Waaa dengan bangga aku menceritakan kejadian tadi...
Dan semua orang yang ada disitu, seperti terlihat tajub mendengar ceritaku...

Aku seperti Pahlawan saat itu!

***

Tak lama kemudian... Akupun beranjak pergi kerumah sakit dikawasan Bekasih yang tak begitu jauh dari tempat kontrakkan kakakku... Menjenguk keponakkanku yang dirawat disana, akibat penyakit Typus...

***

Dan setelah sampai dirumah sakit...
Aku mendengar suara tangis seorang wanita...
Spontan saja aku dan saudara-saudaraku menghampiri suara itu...

***

Selulur badanku benar-benar lemas... Dan aku ga tau, apa yang mesti aku perbuat saat itu?! Jiwa, Hati dan pikiranku mati...
Yang tersisah hanya rasa bersalah pada sebuah penyesalan...
.......................................................
Mataku tertunduk layu dan malu...
Menatap wajah yang penuh luka...
........................................................
Laki-laki sijambret tadi... mati dengan banyak luka...
Sekujur tubuhnya kotor dan berdarah...

***

Ternyata Laki-laki itu... ngejambret tuk menebus obat anak perempuannya yang terserang Mutaber...

***

"Laki-laki itu mati, dengan menyisakan banyak luka..."

STOP!!! Tuk hari ini!!!

Jakarta, 12/02/2004...

No comments:

 
@Copyright © 2007 `Anu Sok Ngoprek` PKPII Design by Boelldzh
sported by PKPII (Paguyuban Kader Pelajar Islam Indonesia) Bandung Raya
email; ekspiibdg[ET]gmail[DOT]com